Google Sudah Tidak Menggunakan Meta Tag Keyword

google_logo2-700256 Berita kurang baik datang dari google sebagai mesin pencari no.1 di dunia, kabarnya google sudah tidak menggunakan meta tag keyword sebagai patokan peringkat di search engine.

 

Kecewa? jelas, para webmaster banyak yang kecewa mendengar kabar ini, termasuk saya blogger yang mengandalkan meta tag keyword untuk setiap postingan saya.

 

Google mengambil keputusan ini setelah melihat beberapa pertimbangan, salah satunya adalah banyaknya kecurangan yang di lakukan para blogger dalam memakai keyword. Seperti mengelabui google, dengan memakai keyword yang tidak relevan alias keyword spammer, maksudnya adalah dengan memasang keyword yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan isi blog.

 

Meta tag sendiri terdiri dari dua bagian yaitu meta description dan meta keyword, lantas apakah google menghapus kedua meta tag tersebut sebagai acuan sebuah web/blog di halaman mesin pencari? ternyata tidak, google masih menggunakan meta description sebagai acuan.

Meta description adalah penjelasan singkat dari halaman web/blog yang juga menggambarkan tujuan dari halaman web/blog tersebut.

 

Tapi apakah meta description berpengaruh pada urusan rangking? tidak!

Even though we sometimes use the description meta tag for the snippets we show, we still don’t use the description meta tag in our ranking.

Itulah kira-kira cuplikan kata-kata yang saya ambil dari Google Webmaster. Namun begitu, saya sarankan agar tetap memasang meta description sesuai dengan diskripsi blog sobat, karena hanya meta discription saja yang saat ini masih diperhitungkan sama google. Untuk meta keyword bagaimana? lupakan saja karena sudah sepenuhnya tidak diperhitungkan.

Because the keywords meta tag was so often abused, many years ago google began disregarding the keywords meta tag.

Walaupun demikian, untuk sobat yang sudah menggunakan meta tag keyword di blognya, tetaplah memasangnya. Mungkin saja suatu saat google menerapkan aturan ini kembali.

 

 

Berikut cuplikan yang saya ambil dari google webmaster central :

Q: Does Google ever use the "keywords" meta tag in its web search ranking?

A: In a word, no. Google does sell a Google Search Appliance, and that product has the ability to match meta tags, which could include the keywords meta tag. But that's an enterprise search appliance that is completely separate from our main web search. Our web search (the well-known search at Google.com that hundreds of millions of people use each day) disregards keyword metatags completely. They simply don't have any effect in our search ranking at present.

Q: Why doesn't Google use the keywords meta tag?

A: About a decade ago, search engines judged pages only on the content of web pages, not any so-called "off-page" factors such as the links pointing to a web page. In those days, keyword meta tags quickly became an area where someone could stuff often-irrelevant keywords without typical visitors ever seeing those keywords. Because the keywords meta tag was so often abused, many years ago Google began disregarding the keywords meta tag.

Q: Does this mean that Google ignores all meta tags?

A: No, Google does support several other meta tags. This meta tags page documents more info on several meta tags that we do use.

 

 

Berlangganan artikel terbaru via Email
Artikel Lainnya :

18 comments

1 Desember 2009 pukul 00.50

saya baru tahu nih mas...
tapi sudah terlanjur masang..
byarlah :) gpp
mungkin nanti dirubah lagi kebijakannya :)

1 Desember 2009 pukul 02.57

makasih infonya sob...

1 Desember 2009 pukul 05.40

Infonya bagus sob. Baru tahu nie. Google emang penuh misteri. Thanks ya.

1 Desember 2009 pukul 08.09

doh ini nih gara" nila setitik rusak susu sebelanga...hmmm...asem deh ah !!!

1 Desember 2009 pukul 13.46

waaaaaaaaahhhh google tampaknya sudah mulai tidak konsist.mungkin karena persaingan ya? berita ini sama halnya seperti kabar kalau google sudah tidak akan update PR lagi.padahal semua sudah senng memakai google.informasi yang bagus buat saya.tapi tidak rugi untuk tetap memasangnya

1 Desember 2009 pukul 13.47

Insya Allah akan kita sampaikan ke temen2 yg laen... makasih...

1 Desember 2009 pukul 14.37

@football News : Iya memang ada terdengar kbr bahwa google tdk akan menggunakan PR lagi..

1 Desember 2009 pukul 14.54

belum ngerti meta taqs mas

2 Desember 2009 pukul 22.51

sob apakah ada perkembangan lain tentang meta tags tsb...makasih sob ya atas info nya...aku sangat tertarik dengan blognya sobat...dan aku sering share...mohon izinnya.

3 Desember 2009 pukul 20.19

wah masih banyak yg belum tahu mas, perlu dikasih tahu nich..kalo saya peribadi sangat kecewa dengan keputusan ini, tapi mudahan saja kebijakan ini akan berubah. biasanya kalo arus banyak yang tidak setuju, google tidak meneruskan juga. thanx infonya ya..

3 Desember 2009 pukul 20.21

itulah konsekuensinya kalo bebijakan sudah diambil, ini gara2 ada yg curang aja jadi rusak deh semuanya..

3 Desember 2009 pukul 22.28

Malam kawan,link blog ini sudah dipasang pada blog populer.trims ya

16 Desember 2009 pukul 16.51

Baru tau kalo meta tag keyword dah gak berlaku lagi...Thanks infonya

28 Februari 2010 pukul 01.16

makasih artikelnya berguna banget...

2 Juli 2010 pukul 02.29

info bagus.....

26 September 2010 pukul 13.48

Nice info gan

6 Februari 2012 pukul 15.15

wah google sangat mengecewakan ya. thanks infonya mas

16 Agustus 2012 pukul 06.47

Walau seperti itu untuk berjaga2 dikemudian hari tidak ada salahnya bila meta tag keyword masih terpasang dalam template blog kita mas bro

Posting Komentar

Reader Community

Recent Comments