Tutorial Membuat Text Area

text area Apa itu Text Area ? text area adalah area tempat untuk menyimpan text atau tulisan baru, atau bisa dikatakan sebuah komponen HTML yang digunakan untuk menampilkan text atau kode script dalam bentuk dan format text.

Biasanya text area dipakai untuk menyimpan kode HTML yang tidak bisa di tulis langsung ke dalam postingan di blog. Jadi fungsi dari text area ini kurang lebih untuk memudahkan pengunjung mengcopy seluruh isi text.

I. Text Area standard

Untuk membuat text area, silahkan copy code di bawah ini :

<p align="center"><textarea name="code" rows="2" cols="15"> Tulis text atau kode HTML yang sobat inginkan disini </textarea></p>


berikut hasilnya :



Keterangan :

untuk "rows"=3 adalah tinggi dari text area, jadi jika sobat menginginkan text area yang lebih tinggi silahkan sobat ganti dengan angka yang lebih tinggi.

untuk cols="15" adalah lebar dari text area, jadi jika sobat menginginkan text area yang lebih lebar silahkan sobat ganti dengan angka yang lebih tinggi.

Cukup paham ? mari kita lanjutkan.

II.Text Area dengan menggunakan Highlight

Variasi lainnya dari text area yaitu dengan menggunakan tombol Highlight, jadi dimaksudkan agar lebih memudahkan untuk mengcopy seluruh isi text area hanya dengan menekan tombol Highlight.

 

Hanya dengan menekan tombol highlight maka seluruh isi dari text area akan di highlight dan tinggal di copy saja. Fungsi tombol highlight ini sangat berguna untuk mencegah tertinggalnya satu atau beberapa isi dari text area.

Silahkan copy kode HTML di bawah ini :

<div><form name="copy"><div align="center"><span><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </span></div><p align="center"><textarea style="width: 150px; height: 80px;" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL" cols="20">simpan tulisan sobat di sini, maka tulisan yang sobat tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung</textarea></p></form></div>


dan seperti ini hasilnya:



Agar dapat memahami kode diatas, saya akan berikan uraian tentang kode-kode text area diatas.
  1. <div align="center"> --> kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika sobat ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right.

  2. <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> --> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi sobat jangan merubah tulisan ini.

  3. Value="Highlight All" --> kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika sobat ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang sobat inginkan.

  4. <p align="center"> --> ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika sobat ingin text area sobat berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right.

  5. <text style="WIDTH: 150px">-->kata "WIDTH:150px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 150 pixel, jadi jika sobat ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, sobat tinggal menggantinya dengan angka yang sobat inginkan. misal: "WIDTH:500px;"

  6. HEIGHT: 80px --> angka "80px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 80 px, jadi jika sobat ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang sobat inginkan. Misal : HEIGHT:160px.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang Text Area. Silahkan dicoba !

Berlangganan artikel terbaru via Email
Artikel Lainnya :

8 comments

27 Agustus 2009 pukul 07.22

thank's infonya..

16 Oktober 2009 pukul 14.05

Buka postingan ini lagi cah
aq mau buat code dipostingan
thanks ya cah

7 Juni 2010 pukul 15.23

bagus artikelnya trims, jangan lupa kunjungi blog saya

3 Oktober 2010 pukul 23.33

Oke juga bro,begitu detail bgtz,..

5 November 2010 pukul 17.13

kalo mau nulis rumus di postingan gimana ya caranya, misalnya equation dari ms. word?
trimz...

23 Desember 2010 pukul 23.24

Mantapppp......

17 Juli 2011 pukul 11.22

Ingin saling KLIK IKLAN? smskan alamat blog saudara ke 085647680200
ini comunitas besar sdra akan dbagi no.anggota bloggr lai.
ayo buktikan.

22 November 2011 pukul 22.55

Udah sukses gan

Posting Komentar

Reader Community

Recent Comments