Penggunaan Format Gambar Untuk Blog

format-gambar Hal yang kurang kita perhatikan dalam urusan penempatan gambar blog adalah dalam penggunaan format dan ukuran gambar yang kadang tidak sesuai kebutuhan blog. Penggunaan gambar yang salah akan mempengaruhi dalam urusan loading blog dan lagi-lagi traffic jadi ikut-ikutan ambil bagian.

 

Contoh orang yang menggunakan modem dengan kecepatan 56kb misalnya, akan rela menunggu loading blog yang akan mereka kunjungi. Tapi jika dalam waktu 10 detik gagal me-load, mungkin mereka akan pergi meninggalkan blog kita. Oleh karena itu, penggunaan format dan ukuran gambar yang sekecil mungkin akan sangat membantu dalam kecepatan browser me-load blog kita.

 

Untuk mengoptimalkan gambar, sobat harus menggunakan format dan ukuran gambar sesuai dengan jenisnya. Dibawah ini beberapa keterangan dari format gif, jpeg dan png. Semoga bisa menjadi acuan dalam penempatan gambar dalam blog sobat.

 

  1. GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Format GIF sangat dihubungkan dengan sejarah internet, terutama karena ukurannya yang kecil. Saat ini GIF hanya bisa maksimal dengan 256 warna. Sobat harus menggunakan format ini untuk gambar berwarna seperti logo, tombol atau teks gambar. GIF juga format pilihan untuk gambar animasi.

     

  2. JPEG adalah singkatan dari Joint Photographic Experts Group. Format ini diciptakan untuk foto-foto dan seni rupa tingkat tinggi. Sobat harus menggunakan gambar JPEG setiap kali sobat menampilkan foto atau gambar dengan warna full color. Jika sobat mengkompress untuk mengurangi ukuran file gambar, sobat harus menggunakan tingkat kompresi 50% untuk hasil yang optimal.

     

  3. PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphics. Format PNG diciptakan khusus untuk Internet, dengan tujuan menggantikan gambar GIF. Keuntungan utama PNG adalah format ini yang mendukung warna 24-bit dan alpha transparansi. Sobat harus menggunakan format PNG untuk gambar sederhana yang membutuhkan lebih dari 256 warna.

 

Untuk mengoptimalkan format gambar diatas, sobat bisa menggunakan jasa dari PunyPNG atau tools yang lebih mumpuni seperti Dynamic Drive, disini sobat bisa mengkompres gambar dari format gif, jpeg atau png dan sekaligus bisa meng-convert gambar tersebut.

 

Semoga berhasil dalam memilah-milah gambar yang akan sobat tempatkan di blog sobat. Jangan khawatir untuk meng-kompres file gambar sobat dengan tools diatas, kerana tools tersebut tidak akan mengurangi kualitas dari gambar yang sobat kompres.

Berlangganan artikel terbaru via Email
Artikel Lainnya :

4 comments

Anonim
28 Februari 2010 23.03

mantap.....

3 Maret 2010 06.46

Lanjutkan !!

3 Maret 2010 06.49

Sipp bagus nih infonya mas dody..thanks

Anonim
3 November 2011 11.17

tambah terus infonya...nice

Poskan Komentar

Reader Community

Recent Comments