Google Belum Update Pagerank, Apa Yang Terjadi?

Lewat sudah hari-hari ketika pertama kali saya mengetahui dunia blog dan terobsesi dengan Google PageRank. Terutama dengan nomimal PageRank yang merupakan skala 0 hingga 10 yang dapat kita lihat pada berbagai toolbar di web. Padahal jika dicermati, PageRank hanya sebuah nomimal yang dibuat oleh Google untuk menilai banyaknya pada sebuah web/blog. Hal ini tidak berdampak langsung pada bloggers yang hanya ngeblog karena hobi saja, tapi bagaimana dengan orang yang bekerja keras begadang setiap hari untuk mencari nafkah dari dunia blog? tentu PageRank nyata dan sangat ditunggu.


image Yang membuat saya penasaran dan menjadi pertanyaan saya, kenapa Google sampai saat ini belum melakukan update PageRank? Saya melihat dan mengecek disemua blog atau web yang biasa saya kunjungi dan memang hasilnya sama, Google memang belum update PageRank. Google update PageRank  terakhir 2 April 2010, dan yang seharusnya terjadi adalah akhir bulan juli atau awal agustus 2010 Google sudah update pagerank, tapi sejauh ini tidak ada yang terjadi.


Berpikir tentang masalah ini, satu pertanyaan muncul dalam pikiran saya : Bagaimana jika Google benar-benar menghapus PageRank? Artinya, bagaimana jika semua toolbar berhenti bekerja, dan tak seorang pun akan dapat melihat indikator berapa banyak  backlink web atau blog? Apa dampak perubahan tersebut pada webmaster / blogging / industri SEO? Beberapa orang berpendapat jika Google menghapus nominal pageRank maka akan membunuh pasar jual beli link. Saya tidak berpikir begitu. Selama backlink memainkan peran dalam algoritma pencarian peringkat, masih akan ada orang-orang yang membeli mereka.

 

Tetapi tanpa PageRank, proses pembelian atau penjualan link akan sedikit berubah. Saya percaya bahwa layanan backlink analisis berbayar akan mendapatkan banyak klien lagi, karena hal ini akan menjadi cara terbaik untuk mengevaluasi otoritas link dari setiap web/blog. Saya berpikir lebih penting dari itu, bagaimanapun efek perubahan tersebut akan ada di pikiran pemilik web. Mungkin sebagian besar dari mereka akan menyadari yang lebih penting bukanlah lagi nominal PageRank, tapi lebih pada kualitas konten/isi blog.

 

Saya percaya bahwa jika PageRank dihapus maka bloggers dan pemilik web lainnya akan menjadi enggan atau malas untuk saling tukar link lagi, akibatnya hubungan antar sesama bloggers akan semakin renggang, hhmm semoga saja tidak terjadi.


Tapi apa yang sobat pikirkan? Apakah perubahan ini bersifat positif atau negatif? Apa aspek-aspek lain akan dipengaruhi?

Berlangganan artikel terbaru via Email
Artikel Lainnya :

15 comments

14 Oktober 2010 09.05

Sudah lama menunggu ternyata belum di update juga, apkah mungkin google lupa ya? :)

14 Oktober 2010 11.58

mungkin saja google lebih selektif memilih blog yg pantas menurut google...

yg trpnting ttp semangat... happy blogging kang

14 Oktober 2010 12.33

Emang tiap berapa bulan sekali sih biasanya Google update PR?

14 Oktober 2010 13.05

mungkin mbah google lupa sob... hahaha....

15 Oktober 2010 07.41

sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas artikel yang penuh penjelasan ini. PR tidak akan bermakna jika tidak di barengi dengan konten yang bermakna terlebih lagi berkualitas seperti artikel pada blog ini. jika konten berkualitas dan pembacapun akan senang untuk berkunjung kebali dengan menjadi follower untuk mendapat up tu date dari blog tersebut, ada juga mungkin yang berlangganan artikel melalui e-mail atau menimpan nya pada bookmark. sehingga jumlah kunjungan senantiasa meningkat berawal dari konten yang menarik dan berkualitas. bukkan hanya itu up to date posting juga berpengaruh, karena setiap pengunjung yang pernah datang sebagai tamu sitimewa senantiasa akan memeriksa konten terbaru dan memberikan komentar sebagai wahana diskusi yang membagun. PR Google tidak menetukan banyaknya kunjungan, google memberikan nilai PR atas banyak nya backlink yang berkualitas, jadi penting mana jumlah pengunjung atau PR yang tinggi?

maaf nie komennya kepanjangan

Salam sukses luar biasa buat si empunya blog dengan konten dan PR yang bagus, membuat saya betah untuk menjelajahi konten demi konten blog ini

15 Oktober 2010 08.34

@Blog Iklan Baris : bagus, komentar yg seperti ini yg diperlukan, memang konten blog lebih penting dr backlink, tp permasalahannya adalah pasar jual beli link yg tdk tau ke arah mana. Bisnis apa lg yg lbh besar dr jual beli link, bahkan paid review pun terkadang bnyk yg mempertimbangkan PR blog drpd google pages index atau alexa.

Jika hanya ngeblog u/ hobi saja mungkin tdk masalah dgn PR, tp yg biasa jualan link ini yg jd susah nantinya jika PR benar2 dihapus Google.

17 Oktober 2010 12.45

waduh..
kalo memang PR dihapus maka dengan apa lagi ya ukuran untuk kepopuleran Blog..??
apa cuma alexa doang nih..?

18 Oktober 2010 18.03

setuju dg blog iklan baris...apa kita mengeblog hanya mengharapkan PR!!!
memang sih salah satunya itu..tapi yaaa...
semangat???
salam blogger \m/

19 Oktober 2010 15.55

tengkyu bos tipsnya sangat membantu buat bloger pemula kayak saya..!!!
jangan lupa link/follow balik ye..!!!
kalau mau info PTC terlengkap mampir aja
http://ptcgemilang.tk/

dijamin lengkap..!!!

22 Oktober 2010 17.25

thanxs,,gan postinganya sangat muda saya mengerti..."bermanfaat banget bagi saya yang masih awam" diblog

22 Oktober 2010 20.58

bermanfaat bnget nih...apa google lagi bosannya update pageranknnya...Met Ultah Mas..

23 Oktober 2010 01.08

@syam : terima kasih syam kok tau

23 Oktober 2010 17.50

@Dangsulaeman : maaf sobat saya tidak berminat tukeran link, blog sobat dangsulaeman bagus dan sdh PR3 sy menghargainya tp maaf ya sy tdk ingin tukeran link.

9 November 2010 15.17

makasih buat infonya

13 Desember 2010 13.01

makasih buat infonya..
tp aku belum dikasi pagerank ama guugel.. :(

harus nyari backlink lage nich

Poskan Komentar

Reader Community

Recent Comments