Terjerat Google Sandbox

google_sandbox Sungguh menyakitkan rasanya bila blog yang kita cintai terkena google sandbox, memang kejam. Yah, begitulah om google, dialah yang menentukan segalanya atas website / blog.

 

Beberapa hari ini saya agak bingung dengan traffic blog ini yang menurun drastis sebanyak kurang lebih 70%, ternyata setelah saya cek beberapa artikel andalan saya di search engine google, artikel saya yang biasanya ada di halaman pertama, tiba – tiba hilang tak berbekas dari halaman search engine google.

 

Contoh satu artikel saya yang berjudul Cara Membuat Artikel Terkait biasanya jika saya ketik di search engine google dengan kata kunci “artikel terkait” maka blog saya selalu menjadi raja di halaman google. Namun nasib ya nasib, google menghukum blog go blog dengan jeratan google sandbox, artikel saya tersebut hilang dari peredaran google search engine.

 

Begitupun dengan beberapa artikel saya yang lainnya, hilang di telan kotak pasir (sandbox) google. Sedih sih, tapi mau diapakan ya sudahlah biarin saja. Mudah-mudahan google tidak menghukum blog ini terlalu lama, karena rata-rata traffic pengunjung blog ini berasal dari mesin pencari google.

 

Apa itu Google Sandbox?

Menurut beberapa sumber, GS adalah sulitnya suatu web / blog dan postingan masuk dalam halaman pencarian di mesin search engine google. Mungkin om google sedang menghukum saya karena melakukan seo yang berlebihan. Saya ingat tempo hari pernah melakukan ping secara berulang-ulang atau berlebihan dalam waktu yang singkat, saya rasa itulah yang membuat google marah dengan saya dan menghukum blog ini dalam google sandbox.

 

Kenapa Harus ada google sandbox?

Sebagai bentuk upaya google untuk mengurangi spam yang terindexs, atau sebagai penyaring / filter yang memakai trik-trik seo yang instant seperti black hat yang tidak disukai oleh google.

 

Dari penjelasan saya diatas, pastinya buat sobat newbie jadi tau arti dari google sandbox tersebut. Jika belum jelas, silahkan baca artikelnya disini. Nah, apa saja yang bisa membuat suatu blog terkena google sandbox?

 

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan blog terjerumus dalam google sandbox :

  1. Optimasi yang berlebihan dengan cara mencari backlink yang berlebihan dengan waktu singkat, contohnya : submit link ke situs free web directory secara berlebihan.
  2. Keyword (kata kunci) yang diatas normal atau berlebihan.
  3. Melakukan Black Hat SEO (search engine optimization).
  4. Melakukan ping berulang-ulang dalam waktu singkat.
  5. Menggunakan iklan baris otomatis.

Jadi menurut saran saya, hindari hal-hal yang tercantum diatas. Usahakan jangan berlebihan jika melakukan sesuatu. Makan berlebihan aja bisa sakit perut, sama tuh sama seo, jika berlebihan bisa sakit perut juga, bisa mencret sampai keluar dari halaman mesin pencari google. Laughing 

 

Saya kira itu saja yang bisa saya informasikan buat sobat yang setia mengunjungi blog ini. Semoga sobat beruntung dan tidak terkena dampak google sandbox ! 

Berlangganan artikel terbaru via Email
Artikel Lainnya :

13 comments

15 November 2009 00.35

baru dapet PR catu nih Bos...kikikikik, beugh dapet postingan kek ginih Jadi was" juga nih hmmm...kampret tuh si GS...hohohohoho

15 November 2009 05.30

Klo ngecek masuk sandbox ato ga gimana caranya sob? Aku juga agak ngeri tuh denger istilah ini.

15 November 2009 08.58

@beben : Selamat ya ben udah dapat PR
@Dunia Komputer : coba gunakan tools google sandbox atau bs di coba disini

15 November 2009 11.40

Sesuatu yg berlebihan memang gak baik...lo

17 November 2009 11.59

walah bos punyaku malah gk ke index samasekali di google...kasih tips dunk boz..

17 November 2009 22.33

iya mas, saya juga sempat kena kemarin waktu membuat postingan dengan link sebanyak 11 link. ternyata nggak boleh juga, dan sempat hilang di google. tetapi, sekitar 1 minggu balik lagi tuh..alhamdulillah. akhirnya saya jera, jadi kalo posting paling banyak saya masukkan 4-5 link. makasih udah share mas yaa.

kalo ada waktu kunjungi rumah saya yaa

17 November 2009 22.35

kok bisa gitu ya?? berarti harus berhati-hati seperti saya ini. thanx share pengalamannya mas. sukses selalu nich.

7 Maret 2010 07.30

Thanx bgt nih infonya...harus review blog dulu nih biar terhindar dr GS...

2 April 2010 10.54

walah jadi bingung jg mana yang benar.....tentang tag label yg berlebihan....peer buat saya ni mencari jawaban yang benar tentang keyword yang berlebihan...pada tag label saat akan buat posting, ternyata blogspot sdh membatasi sekian kata saja, beda dengan domain com...bisa sebanyak-banyaknya...

Terima kasih untuk info voin 2 di atas

Bila boleh dan sobat ada waktu ada baiknya kita bahas hal ini bersama

7 Mei 2010 09.00

jadi harus nge ping seperlunya nih. biasanya tiap berapa lama perlu ping?

7 Mei 2010 10.39

@ haris : ngeping setiap habis update postingan aja

sama bang, punya ane juga kena sandbox salah satu artikel yg diikutkan SEO dan alexa rank turun drastis. trims atas infonya

9 Juni 2012 16.47

Saya masih belum terlalu mengerti mengenai GS, tapi saya coba link yang Anda berikan dan keluar pernyataan blog saya berada dalam GS, waduh! Saya coba blog saya yang lain, keluar pernyataan yg sama. Yang saya masih belum mengerti adalah apakah jika masuk GS berarti tidak masuk pada hasil pencarian Google sama sekali atau tetap ada, cuma mungkin pada urutan dan halaman yang entah kesekian. Terima kasih

Poskan Komentar

Reader Community

Recent Comments